Jumat, 24 April 2009


Unas, Pengawas Ruang Kelas Dilarang Mondar-Mandir
Cetak

Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro akan menyemprit pengawas ruang kelas yang diketahui mondar-mandir saat menjaga Ujian Nasional (Unas). Sebab, selain mengganggu konsentrasi pelajar, juga rawan menimbulkan bocornya soal ujian.


"Kami sudah menghimbau kepada seluruh ketua sub rayon untuk memberitahu agar pengawas ruang kelas dilarang mondar-mandir," kata Hanafi Kabid Pendidikan Menengah Disdik Bojonegoro kemarin (15/4).

Himbauan dari Disdik ini direspon oleh sub rayon unas. Terbukti, kemarin ketua sub rayon 02 dan 07 menggelar acara penataran dan pengarahan kepada seluruh pengawas ruang kelas. "Selain menghimbau dilarang mondar-mandir, dalam penataran ini juga dimaksud untuk memberi penjelasan tugas saat menjadi pengawas nantinya," kata Nur Ali ketua Unas sub rayon 02 kemarin (15/4) disaat ditemui dalam penataran yang diadakan di Aula SMAN 2 Bojonegoro.

Namun, bukan berarti saat menjaga ujian nanti pengawas ruang kelas hanya diam saja. Akan tetapi, ada waktu tertentu pihak pengawas ujian mendatangi siswa saat Unas. Terlebih jika ada siswa yang meminta izin untuk ke kamar mandi. Pihaknya menambahkan jika pengawas ruang kelas juga membantu setiap ada problem yang dialami oleh siswa saat Unas nantinya. Akan tetapi sifatnya hanya teknis.

Acara yang diikuti sebanyak 229 pengawas ruang kelas dari sub rayon 02 dan 07. Lebih lanjut, Nur Ali dalam kesempatan ini bekerja sama dengan Dindik memberi pengarahan kepada pengawas ruang kelas dalam saat menjaga Unas nantinya.

Sementara, dalam penjagaan saat Unas nanti dalam satu kelas yang diisi sebanyak 20 siswa dijaga oleh dua pengawas ruang kelas. Sedangkan setiap sekolah nanti ada tim dari Pengawas Satuan Pendidikan yang selalu mengecek saat Unas berlangsung, termasuk mengecek pengawas ruang kelas dalam penjagaannya.

Sementara Sub rayon 02 meliputi, SMA 2, SMA 4, SMA Katolik, SMA 1 Dander, SMA PGRI Bojonegoro, SMA 1 Sumberarum, dan SMA 1 Temayang. Sementara untuk sub rayon 07 meliputi beberapa sekolah madrasah aliyah di Bojonegoro. Sebagai tambahan, pelaksanaan Unas setingkat SMA dilaksanakan dalam waktu tiga hari, yakni mulai 20-23 April ke depan. (JP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
hallo................!!!!!