Jumat, 24 April 2009


Soal Unas Masuk Polsek

Pengawasan Berlapis

SURABAYA | SURYA - Proses pendistribusian naskah soal Ujian Nasional (Unas) untuk jenjang SMA/MA dan SMK tahap kedua mulai dijalankan Sabtu (18/4). Sesuai rencana semula, di H-2 penyelenggaraan Unas naskah soal untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya itu mulai dikirimkan ke polsek-polsek sesuai dengan posisi sub rayon penyelenggara Unas.

Khusus untuk pengamanan distribusi naskah Unas di wilayah Surabaya, Polwiltabes Surabaya yang tak mau kecolongan menurunkan 210 personel. Proses pendistribusian itu mendapat pengawalan dua polisi dan didukung petugas patroli di masing-masing polres. Di setiap polsek akan ada lima petugas yang menjaga soal, di polres 30 petugas, dan 10 petugas lain akan disiagakan.

“Untuk mengamankan pelaksanaan ujian ini kami juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan,” ujar Kapolwiltabes Surabaya, Kombes Pol Ronny F Sompie, saat melakukan peninjauan proses distribusi di Mapolwiltabes Surabaya bersama Kadindik Surabaya, Sahudi, Sabtu (18/4).

Sebelum didistribusikan ke polsek-polsek, naskah itu diamankan di ruang Bhara Wira Sasana Mapolwiltabes sejak Selasa (14/4). Soal yang kini disimpan di polsek akan diserahkan pada masing-masing sub rayon penyelenggara Unas mulai Senin (20/4) pagi.

Sahudi meyakinkan jika tidak akan terjadi kebocoran soal dalam pelaksanaan Unas kali ini. Selain adanya dukungan penuh dari polisi, sistem pengawasan dalam penyelenggaraan Unas tahun ini juga lebih ketat.

“Tahun ini ada tim pengawas dari perguruan tinggi dan tim pengawas independen. Selain itu sistem pengawas dari satuan pendidikan dibuat silang di tiap sekolah,” ujar Sahudi. Untuk tim pengawas independen akan ditempatkan dua orang untuk setiap satuan pendidikan ditambah dua pengawas di setiap ruangan.

Unas di Surabaya tahun ini diikuti 32.087 siswa SMA/MA/SMK. Rinciannya, 19.940 siswa SMA, 644 siswa MA, dan 11.503 siswa SMK. Sedangkan lembaga penyelenggara Unas SMA ada 104 lembaga dan 45 lembaga penggabung yang terangkum dalam 28 sub rayon.

Di kelompok MA ada enam lembaga penyelenggara dan sembilan lembaga penggabung yang semuanya masuk dalam dua sub rayon. Kelompok SMK memiliki 84 lembaga penyelenggara dan sembilan lembaga penggabung dalam 13 sub rayon.

Cetak




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
hallo................!!!!!